Apa manfaat jambu biji bagi kesehatan?

Written By Sheza aulia on Monday 22 July 2019 | 22:33

Jambu biji adalah obat tradisional untuk berbagai kondisi kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa buah dan daun jambu biji mungkin memiliki sejumlah manfaat.
Jambu biji adalah buah tropis dengan kulit hijau kekuningan, dan  pohon jambu biji banyak ditemukan di Amerika Tengah. Nama Latin untuk pohon jambu biji yang umum adalah Psidium guajava .
Umumnya, orang menggunakan teh daun jambu biji untuk mengobati diare . Di beberpa negara, seperti Meksiko, orang secara tradisional menggunakan buah jambu biji untuk menyembuhkan luka.
Pada artikel ini, kami menginformasikan beberapa manfaat kesehatan yang terdapat pada jambu biji. Kami juga menjelaskan informasi gizi, risiko, dan cara mengaplikasikan jambu biji ke dalam makanan.
Berikut beberpa manfaat dari jambu biji.

Diabetes tipe 2


Teh daun jambu biji dapat membantu mencegah kenaikan gula darah dan memperbaiki gejala pada penderita diabetes tipe 2 .
Sebuah penelitian pada tahun 2010 terdapat bukti dari uji klinis dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa teh daun jambu biji dapat membantu meningkatkan resistensi insulin dan menurunkan kadar gula darah.
Manfaat-manfaat ini dapat dihasilkan dari senyawa-senyawa dalam ekstrak daun jambu biji yang membantu memoderasi penyerapan glukosa setelah seseorang memakannya.

Kram menstruasi

Mengambil suplemen yang mengandung ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi kram menstruasi.
Hasil penelitian pada tahun 2007 menunjukkan bahwa mengambil suplemen ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi rasa sakit menstruasi pada wanita dengan dismenore primer.
Peserta yang menggunakan 6 miligram (mg) ekstrak setiap hari mengalami lebih sedikit nyeri haid dibandingkan mereka yang menggunakan ibuprofen atau plasebo . 
Diare
Teh daun jambu biji adalah obat tradisional untuk diare yang banyak digunakan di berbagai belahan dunia.
Bukti dari penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak daun mungkin memiliki potensi untuk mengobati diare menular.
Sebuah studi pada tahun 2015 menyelidiki penggunaan ekstrak ini pada tikus dengan diare infeksius. Infeksi sembuh lebih cepat pada tikus yang mengonsumsi ekstrak daun jambu biji daripada mereka yang tidak mengkonsumsi. Para peneliti mencatat bahwa ekstrak daun jambu biji menunjukkan harapan sebagai pengobatan untuk penyakit ini.
Studi lain pada tahun 2015 menemukan bahwa ekstrak daun jambu membantu mengendalikan diare pada ayam dengan infeksi Escherichia coli .
Namun, para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi temuan ini pada manusia.

Flu

Minum teh daun jambu biji dapat membantu orang melawan flu .
Dalam studi pada tahun  2012 , teh daun jambu biji menunjukkan harapan sebagai agen antivirus untuk pengobatan flu. Para peneliti menemukan bahwa teh menghambat pertumbuhan virus yang menyebabkan flu.
Efek antivirus dari teh dapat dihasilkan dari flavanol daun, yang merupakan antioksidan alami .
Mengkonfirmasi efek pada manusia akan membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Tekanan darah

Mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi .
Sebuah studi pada tahun 2016 menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji memiliki efek antihipertensi pada jaringan tikus, yang berarti dapat berpotensi menurunkan tekanan darah .
Efek ini mungkin disebabkan oleh sifat antioksidan ekstrak daun. Antioksidan dapat menurunkan tekanan darah dengan membantu memperluas pembuluh darah.
Namun, para ilmuwan perlu melakukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada manusia.

Osteoartritis

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat bermanfaat bagi penderita osteoartritis.
Sebuah studi pada tahun 2018 menemukan bahwa mengkonsumsi ekstrak jambu biji dapat melindungi dari kerusakan tulang rawan pada tikus dengan osteoartritis yang diinduksi. Namun, para peneliti belum mengkonfirmasi efek ini pada manusia.

Kanker

Ekstrak daun jambu biji akhirnya dapat berperan dalam pengobatan kanker .
Hasil penelitian pada tahun 2014 pada hewan, komputer menunjukkan bahwa senyawa dalam ekstrak dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.
Para peneliti percaya bahwa efeknya dapat terjadi karena senyawa daun jambu biji bertindak seperti modulator reseptor estrogen selektif (SERM).
SERM adalah kelas obat yang digunakan dokter untuk mengobati kanker. Mereka bekerja dengan mencegah sel kanker berkembang biak.
Namun, para ilmuwan perlu melakukan uji klinis pada manusia untuk lebih memahami potensi senyawa ini untuk memerangi kanker.

Informasi gizi

Jambu dicacah
Jambu biji mengandung vitamin A dan kalium.
Buah jambu biji adalah makanan bergizi dan menyehatkan yang kaya akan beberapa nutrisi penting.
Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat , 100 gram buah jambu biji mentah mengandung:
  • 68 kalori
  • 14,32 g karbohidrat
  • 8,92 g gula
  • 0,95 g lemak
  • 5,4 g serat makanan
  • 417 mg potasium
  • 228,3 mg vitamin C
  • 624 unit internasional vitamin A

  • Efek dan risiko Buruk

  • Sebuah ulasan penelitian tahun 2017 terhadap jambu biji tidak menyoroti efek samping yang signifikan dari memakan buah jambu biji, mengonsumsi teh daun jambu biji, maupun mengonsumsi suplemen ekstrak daun jambu biji.
  • Namun, tidak ada cukup bukti untuk mengesampingkan kemungkinan tersebut. Obat atau suplemen apa pun yang tidak memiliki persetujuan Food and Drug Administration (FDA) dapat menyebabkan efek buruk.
    Untuk ibu yang sedang hamil atau menyusui harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji.
    Tidak jelas apakah ekstrak ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan. Siapa pun yang menggunakan obat secara berkelanjutan harus konsultasi dengan dokter sebelum mencoba pengobatan baru.
  • Cara makan jambu biji

    Umumnya orang memakan jambu biji dengan digigit langsung atau di iris,  bisa juga dibuat  yogurt. Daun jambu biji juga dapat digunakann dengan menambahkan daun jambu biji ke air matang untuk membuat teh herbal. 
  • Menggunakan suplemen jambu biji

  • Banyak toko kesehatan menjual suplemen makanan yang mengandung ekstrak daun jambu biji.  
  • Dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter sebelum mengambil suplemen makanan baru, terutama ketika mencoba untuk mengobati masalah kesehatan tertentu.
    Berbagai suplemen diet jambu tersedia untuk dibeli secara online ataupun di toko2 herbal.

Ringkasan

Jambu biji adalah obat tradisional untuk sejumlah penyakit.
Penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa senyawa dalam ekstrak daun jambu biji mungkin memiliki efek positif pada berbagai penyakit dan gejala, termasuk kram menstruasi, diare, flu, diabetes tipe 2, dan kanker.
Namun, para ilmuwan perlu melakukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk mengkonfirmasi dan lebih memahami temuan ini.



Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Frame News

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. andamoen - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger